Makna Ekspektasi Adalah, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Image title
4 April 2022, 10:27
Ilustrasi, orang membangun ekskpektasi dalam keluarga. Ekspektasi adalah suatu harapan atau keyakinan yang diharapkan menjadi kenyataan di masa mendatang.
Pexels.com/Cottonbro
Ilustrasi, orang membangun ekskpektasi dalam keluarga. Ekspektasi adalah suatu harapan atau keyakinan yang diharapkan menjadi kenyataan di masa mendatang.

Ada banyak penjelasan mengenai ekspektasi yang digunakan dalam percakapan dan tulisan. Sebagaimana dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekspektasi adalah pengharapan. Ekspektasi adalah suatu harapan atau keyakinan yang diharapkan menjadi kenyataan di masa mendatang. Kata "ekspektasi" sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu expectation dengan kata dasar expect yang punya arti menyangka atau mengharapkan.

Dari makna KBBI tersebut dapat diambil beberapa kesimpulan. Makna kesimpulan pertama, ekspektasi adalah harapan besar yang dibebankan terhadap sesuatu yang bisa memberikan dampak yang baik atau lebih baik. Sederhananya, pengertian ekspektasi adalah harapan atau sesuatu yang diinginkan terjadi.

Sehingga karena ekspektasi adalah bentuk terhadap sesuatu yang sering dibentuk dalam kalimat: "Kenyataan tidak sesuai ekspektasi."

Makna Ekspektasi Menurut Para Ahli

Dilansir dari Liputan6.com, ada sejumlah makna ekspektasi menurut para ahli.

1. Menurut Dan Chambers

Menurut Anderson Dan Chambers bahwa ekspektasi adalah berbagai macam hal yang diyakini konsumen tentang apa yang akan didapatkannya terkait dengan suatu kinerja produk atau pelayanan tertentu.

2. Menurut Sutisna

Menurut Sutisna bahwa ekspektasi adalah suatu kepercayaan atau keyakinan individual sebelumnya tentang berbagai hal yang seharusnya terjadi pada situasi tertentu.

3. Menurut Boeree

Menurut Boeree bahwa ekspektasi adalah harapan kesenangan yang tidak konstan, yang timbul dari gagasan tentang sesuatu di masa mendatang. Adapun kesenangan tersebut ada yang diwujudkan dengan tindakan, namun juga ada yang tidak diwujudkan.

4. Menurut Fleming dan Levie

Menurut Fleming dan Levie, bahwa ekspektasi adalah sebuah keinginan, cita-cita, maupun harapan terhadap suatu hal. Adapun keinginan tersebut akan diraih dengan tingkah laku serta tindakan yang nyata.

Dampak yang Didapat Dari Ekspektasi

Dampak pertama dari ekspektasi adalah sebagai bentuk pengelolaan emosi. Hal itu bisa Anda mulai dengan membiasakan diri untuk siap menerima kabar apa pun. Jika kabar itu baik, kamu tak harus bersikap meledak-ledak untuk mengekspresikan kebahagiaan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...