Jokowi Resmikan Proyek Pengolahan Batu Bara Jadi DME PTBA - Pertamina

Rizky Alika
24 Januari 2022, 11:40
Jokowi, batu bara, dme
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meresmikan pabrik DME di Muara Enim, Sumsel, Senin (24/1). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi Dimetil Eter (DME) di Muara Enim, Sumatera Selatan. Apabila sudah berproduksi, proyek tersebut bisa menekan subsidi LPG dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hingga triliunan rupiah.

"Nanti bisa berproduksi, bisa kurangi subsidi APBN kurang lebih Rp 7 triliun," kata Jokowi saat groundbreaking di Muara Enim, Senin (24/1).

Jokowi mengatakan Indonesia telah mengimpor LPG dalam jumlah besar, yaitu Rp 80 triliun dari total kebutuhan Rp 100 triliun. Selain itu, pemerintah masih harus menyalurkan subsidi LPG sebesar Rp 70 triliun untuk masyarakat.

Padahal, Indonesia memiliki pasokan batu bara dalam jumlah besar. Batu bara itu dapat diolah menjadi DME yang bisa menggantikan kebutuhan LPG. "Api dari DME untuk memasak dan api dari LPG untuk memasak, sama saja," ujar dia.

Pemerintah pun berupaya melakukan hilirisasi batu bara  guna menekan impor LPG dan memperbaiki neraca perdagangan. Apalagi sudah lama RI terus mengimpor LPG.

"Sudah berpuluh-puluh tahun nyaman dengan impor. Memang duduk di zona nyaman paling enak," ujar dia. Jokowi juga memperkirakan pengalihan konsumsi LPG menjadi DME secara menyeluruh bisa menghemat subsidi sebesar Rp 70 triliun.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...