Kapitalisasi Pasar Terbesar, Sampoerna Geser Astra

Image title
Oleh
20 Mei 2013, 11:11
bursa.jpg
KATADATA/
KATADATA

KATADATA ? PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) membukukan pertumbuhan nilai kapitalisai pasar terbesar dalam lima tahun terakhir. Dengan pertumbuhan sebesar 746,2 persen dari Rp 45,6 triliun menjadi Rp 385,7 triliun membuat HM Sampoerna mampu menggeser PT Astra International Tbk yang dalam beberapa tahun ini selalu menempati posisi teratas.

Berdasarkan data BEI, pada akhir 2009 HM Sampoerna hanya menempati peringkat ke-12 dengan nilai kapitalisasi pasar Rp 45,58 triliun. Namun, secara bertahap kapitalisasi HM Sampoerna terus menanjak hingga menempati posisi pertama, menggeser Astra sejak 1 Maret 2013.

Kepala Riset MNC Securities Edwin Sebastian mengungkapkan HM Sampoerna mampu menyalip Astra karena ditopang kinerja dan prospek usaha yang baik. Perolehan laba HM Sampoerna yang terus melonjak membuat harga sahamnya pun terdongkrak. Sayangnya, saham Sampoerna tergolong kurang likuid karena yang beredar di pasar hanya 1-2 persen. Berbeda dengan Astra, produsen rokok ini menggeluti bisnis konsumer yang tahan dari guncangan.

Sumber: Investor Daily

Reporter: Muhammad Kahfi
Editor: Arsip
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...