obat farmasi
KATADATA

KATADATA – PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) akan membagikan dividen Rp 19 per saham untuk tahun buku 2012 atau senilai total Rp 891 miliar. Rasio dividen mencapai 51 persen dari laba bersih perseroan tahun lalu Rp 1,73 triliun. Dividen akan dibagikan pada juli 2013.

Dikutip dari Investor Daily (21/5), Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan Vidjongtius mengatakan sebesar 1 persen dari laba bersih tahun lalu dialokasikan sebagai dana cadangan. Adapun sisanya ditetapkan sebagai laba ditahan untuk mendukung ekspansi perseroan.

Tahun ini, Kalbe menganggarkan belanja modal berkisar Rp 1-1,5 triliun, dua kali lipat dibandingkan 2012. Sebanyak Rp 500 miliar akan dialokasikan sebagai dana akuisisi perusahaan. Sisanya untuk ekspansi pabrik dan pengembangan produk baru. Tahun ini, perseroan menargetkan pendapatan dan laba bersih tumbuh 15-18 persen. Tahun lalu, pendapatan perseroan mencapai Rp 13,6 triliun. Pada kuartal I-2013, pendapatan Kalbe naik 16 persen menjadi Rp 3,4 triliun, sedangkan laba bersih tumbuh 10 persen menjadi Rp 444 miliar.

Vidjongtius menuturkan sebanyak 96 persen pendapatan disumbangkan penjualan dalam negeri dan 4 persen dari ekspor. Dalam 5-6 tahun ke depan, perseroan menargetkan porsi ekspor naik dua kali lipat menjadi 8 persen. Itu dilakukan dengan membuka pasar baru seperti di Vietnam dan Kamboja pada tahun ini. Sejumlah produk yang akan diekspor adalah Woods dan Procol.

Saham Properti Melonjak, Acset Masuk Pasar Modal

Read More »
Logo Katadata IndonesiaKATADATA adalah perusahaan media dan riset di bidang ekonomi dan bisnis yang memadukan kekuatan jurnalistik dan ketajaman analisis.

Newsletter

Daftarkan email Anda untuk berlangganan konten digital kami