Daftar Emiten Paling Memenuhi Harapan Pasar

Image title
Oleh
24 Juli 2013, 00:00
3007.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Dari 20 emiten berkapitalisasi saham terbesar di bursa efek Indonesia, PT Semen Indonesia Tbk menjadi emiten paling memenuhi harapan pelaku pasar.

Para analis saham biasanya menyusun estimasi berdasarkan kondisi fundamental perusahaan serta faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja emiten pada tahun tersebut.  Estimasi para analis ini kerap menjadi rujukan bagi para investor untuk menginvestasikan dananya.

Berdasarkan peringkat 20 emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar,  PT Semen Indonesia Tbk menjadi emiten paling memenuhi harapan para analis. Selama delapan tahun berturut-turut, realisasi laba per saham atau earning per share (EPS) emiten berkode SMGR ini selalu mencapai atau melebihi target konsensus dari para analis.

Pada 2012 misalnya, realisasi EPS perseroan sebesar Rp 817 atau 3,41 persen lebih tinggi dari perkiraan para analis yang memasang target Rp 790,09. Demikian pula dengan realisasi pendapatannya, dari delapan hanya sekali meleset dari target.

Tahun ini, Semen Indonesia diproyeksikan mengalami pertumbuhan pendapatan dan laba bersih masing-masing 22,7 persen dan 17,6 persen. Sementara EPS-nya ditargetkan mencapai Rp 969,56 atau naik 19 persen dari realisasi tahun lalu.

Setelah Semen Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk juga merupakan emiten dengan kinerja yang  cukup memenuhi harapan pelaku pasar. Salah satu bank terbesar di Indonesia tersebut tercatat hanya sekali gagal memenuhi konsensus EPS dari para analis, yakni pada 2007. Selanjutnya kinerja emiten berkode BBCA tersebut berturut-turut selalu melampaui target konsensus analis.

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira, Agus Dwi Darmawan
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...