PAD DKI Jakarta Tumbuh 76 Persen dalam Setahun

Image title
Oleh
17 Maret 2014, 00:00
3090.jpg
KATADATA | Donang Wahyu
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Pendapatan Asli Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2013 mencapai Rp 72 triliun. Jumlah tersebut meningkat 76 persen atau Rp 31 triliun dalam setahun. ?Itu kan potensinya besar. Jadi kita lakukan pertama kali dengan Jakarta, lalu diikuti dengan daerah lain,? kata Menteri Keuangan M Chatib Basri di Jakarta, Senin (17/3).  

Menurutnya, potensi penerimaan pajak di Jakarta sangat besar, terutama yang berasal dari pembayaran pajak orang pribadi. ?Kalau trennya Rp 30 triliun pada dua tiga tahun lalu, nanti bisa sampai Rp 100 triliun, itu luar biasa,? ujarnya.  

Gubernur Joko Widodo mengatakan bahwa aktivitas ekonomi di Jakarta relatif lebih tinggi dibandingkan daerah lainnya. Oleh sebab itu, dia bersedia membuka data terkait penjualan mobil atau properti yang berlangsung marak di wilayahnya. Dengan demikian, Ditjen Pajak bisa menghitung potensi penerimaan negara dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN).  

?Memperkuat baseline data kita, wajib pajak siapa yang sudah dan siapa yang belum. Pemilik apartemen Rp 15 miliar misalnya tapi nggak berkontribusi pajak, beli mobil setiap hari masa pajaknya nggak ada,? ujar dia.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...