Adhi Karya Investasi Rp 8,2 Triliun untuk Monorel

Image title
Oleh
3 April 2014, 00:00
3306.jpg
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Dok. KATADATA

KATADATA ? PT Adhi Karya (Persero) Tbk menganggarkan dana senilai Rp 8,2 triliun untuk pembangunan tahap I monorel ruas Bekasi Timur-Cawang. Sebesar 70 persen dari kebutuhan dana diperoleh melalui sindikasi perbankan nasional.

?Sisanya atau Rp 2,4 triliun berasal dari kas internal,? kata Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan seusai rapat umum pemegang saham di Jakarta, Kamis (3/4).

Advertisement

Dalam pengerjaan proyek ini, Adhi Karya akan mengusung konsep integrated monorail-property development, yakni menyinergikan antara monorel dan pengembangan properti. Dengan demikian dapat saling memberikan keuntungan antara proyek monorel dengan properti di sekitarnya.

?Jadi jalur yang dipilih adalah yang memiliki potensi penumpang yang tinggi, yakni dari tempat tinggal ke daerah bisnis,? kata Pundjung Satya Brata, Kepala Divisi Transportasi dan Tower Adhi Karya.

Selain jalur Bekasi Timur-Cawang, Adhi Karya juga akan membangun ruas Cibubur-Cawang dan Cawang Kuningan. Adapun pengerjaan proyek ini akan dimulai pada April 2015 yang diperkirakan selesai dalam tiga tahun sepanjang 40 km.

Dia memperkirakan keuntungan yang bakal diperoleh perusahaan dari proyek ini mencapai Rp 113 miliar per tahun. Angka tersebut dihitung dari perkiraan jumlah penumpang yang mencapai kisaran 120 ribu penumpang per hari dengan tarif sekitar Rp 14 ribu. ?Kalikan saja 365 hari,? tutur Pundjung.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement