Dana Asing Menderas, IHSG Siap ke Level 5.000

Image title
Oleh
4 April 2014, 00:00
3309.jpg
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Indeks harga saham gabungan (IHSG) berpotensi terangkat ke level 5.000-5.200 dalam waktu dekat. Ini seiring dengan derasnya arus dana asing yang masuk ke pasar modal Indonesia.

?Tenaga agar indeks kembali naik tajam terbuka lebar setelah ditutup menguat tipis (kemarin), tetapi nett buy asing mencapai Rp 1,2 triliun,? kata Kiswoyo Adi Joe, analis PT Investa Saran Mandiri seperti dikutip Bisnis Indonesia, Jumat (4/4).

Advertisement

Menurutnya, pelaku pasar makin optimistis terhadap proses pemilihan umum. Ini terlihat dari tidak adanya sentimen negatif yang mempengaruhi pergerakan IHSG. Data-data makro ekonomi Indonesia yang baru diumumkan Badan Pusat Statistik juga menunjukkan perbaikan signifikan.  ?Saya perkirakan IHSG dapat ditutup pada level 5.000-5.200 sebelum proses pilpres berlangsung,? katanya.

Analis Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar modal sejak 2 Januari ? 2 April 2014 mencapai RP 28,51 triliun. hal ini membuat kekuatan IHSG untuk kembali naik semakin besar. ?Secara umum IHSG sedang dalam konsolidasi sebelum melanjutkan kembali pola uptrend jangka pendeknya,? kata dia.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement