Target Dividen Tak Tercapai

Image title
Oleh
11 April 2014, 00:00
3401.jpg
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pemerintah tampaknya harus mengubah banyak pos penerimaan negara di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014. Selain sektor pajak yang kemungkinan gagal mencapai target, pos penerimaan negara bukan pajak (PNBP) juga hanya akan memberi setoran lebih kecil dari harapan. Penyebabnya, sejumlah perusahaan pelat merah meleset dalam menyetor dividen.

Padahal dividen tersebut merupakan salah satu penyumbang besar bagi PBNP. Tahun ini pemerintah menargetkan PBNP sebesar Rp 385,39 triliun, naik dari 2013 Rp 349,16 triliun. Dari target tersebut, setoran dividen atau pendapatan bagian laba BUMN mencapai Rp 40 triliun, naik dari realisasi tahun lalu Rp 33,80 triliun.

Dikutip dari Kontan (11/04), Kementerian BUMN memastikan ada dua perusahaan pelat merah yang tidak menyetorkan dividen tahun ini. Mereka adalah PT PLN dan PT Freeport Indonesia, karena penurunan kinerja. Padahal, pemerintah sudah menargetkan dividen dari perusahaan tambang emas itu mencapai Rp 1,5 triliun. Walhasil setoran dividen tahun ini maksimal Rp 38,5 triliun.

Tahun lalu, target dividen Rp 36,46 triliun juga hanya tercapai 92,80 persen. Pertamina menjadi penyumbang terbesar yaitu mencapai Rp 7,74 triliun, dan Telkom sebesar Rp 4,5 triliun.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...