Investasi Runway Ketiga Bandara Cengkareng Rp 8 T

Image title
Oleh
21 April 2014, 10:56
bandara-soekarno-hatta-1.jpg
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pembangunan landasan pacu (runway) ketiga Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan mencapai Rp 8 triliun. Anggaran Rp 5 triliun untuk pembebasan lahan, dan Rp 3 triliun untuk membangun runway. Pembangunan bandara baru di Karawang pun dikesampingkan untuk pembangunan runway ini.  

?Kalau pembangunan runway cuma perlu waktu dua hingga tiga tahun. Sedangkan pembangunan bandara Karawang belum tentu 10 tahun selesai,? ujar Menteri Perhubungan EE Mangindaan, dikutip dari Investor Daily, Senin (21/4).  

Advertisement

Menurutnya, jadwal penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta  sudah sangat padat. Lalu lintas penerbangan, baik pesawat mendarat (landing) maupun yang lepas landas (take off) mencapai 76 kali per jam. ?Menunggu realisasi bandara di Karawang sangat lama. Sekarang, kami sedang membahas bagaimana caranya membangun runway ketiga,? tuturnya.  

Ada tiga lokasi alternatif untuk pembangunan runway, lanjutnya, yakni di sekitar bandara eksisting, di Lebak (Provinsi Banten), dan di atas lahan reklamasi laut di sekitar Bandara Soekarno-Hatta.

Penundaan bandara Karawang, juga karena Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diharapkan dapat mempercepat penyelesaian perubahan rencana umum tata ruang (RUTR), ternyata tidak melakukan tindakan apapun. ?Revisi RUTR Provinsi Jawa Barat belum ada. Tidak ada space untuk membangun bandara. Karena mereka mau membangun bandara di Majalengka,? kata dia.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement