Medco Targetkan Bangun Kilang Nabati 2015

Image title
Oleh
2 Mei 2014, 15:10
biji-kelapa-sawit.jpg
KATADATA/
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Medco Group, berencana membangun kilang minyak nabati tahun depan. Kilang nabati berbasis sawit pertama di dunia ini akan memproduksi green diesel. Green diesel merupakan alternatif pengganti bahan bakar minyak (BBM) jenis solar.  

Tidak seperti biodiesel yang masih harus dicampur dengan solar, green diesel bahkan sudah bisa menggantikan solar. Karena senyawanya sudah sangat identik dengan solar. Makanya jika kilang ini berhasil dibangun, Indonesia bisa menghilangkan ketergantungan solar yang selama ini diimpor.  

Saat ini, rencana pembangunan kilang nabati ini sudah pada tahap penentuan lokasi dari alternatif yang sudah ada. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan pendetailan studi kelayakan, desain enginering, contracting, perizinan, analisa dampak lingkungan, dan pendanaan.  

Semua tahapan ini ?diharapkan bisa selesai pertengahan 2015, dan masa pembangunan membutuhkan waktu 30 bulan,? ujar Chief Operating Officer Minning And Downstream PT Medco Energi International Tbk Budi Basuki, kepada Katadata, beberapa waktu lalu.  

Dalam hal penentuan lokasi, meski tidak mengungkapkan secara spesifik, tapi dia menyebut lokasinya harus berada di sekitar perkebunan sawit.  

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...