Ekonomi Indonesia Mengalami Perlambatan

Image title
Oleh
5 Mei 2014, 11:10
pertumbuhan-ekonomi-indonesia.jpg
KATADATA/
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2014 mengalami perlambatan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia hanya tumbuh sebesar 5,21 persen secara year on year (yoy).Pada periode yang sama tahun lalu, pertumbuhan ekonomi mencapai 6,02 persen.  

Kepala BPS Suryamin mengatakan perlambatan pertumbuhan pada kuartal I ini disebabkan oleh sejumlah faktor. Pertama, adanya perubahan cuaca yang menyebabkan pergeseran masa panen. ?Ada perlambatan bahan makanan, dampak dari pergeseran tanam dan panen akibat banjir,? kata dia di Jakarta, Senin (5/5).  

Faktor kedua, dia menyebutkan, kebijakan pemerintah yang melarang ekspor bahan mineral pada awal Januari lalu turut memperlambat pertumbuhan. Persoalannya, larangan ekspor tersebut menyebabkan ekspor mineral mentah turun 77,28 persen. Hal ini ikut mempengaruhi sektor perdagangan dan industri.  

?Sedangkan ke investasi, tumbuh karena ada relokasi ke smelter. Jadi pengaruh ore relatif signifikan karena ada dampak ikutannya,? jelas Suryamin.  

Namun ia mengatakan, dalam jangka panjang dampak dari larangan ekspor ini akan lebih baik. Mengingat harga komoditas dan permintaan global terhadap komoditas saat ini juga sedang menurun.  

?Dalam jangka panjang larangan ini bagus. Tapi awal-awalnya saya kira (pertumbuhan ekonomi) 5,21 persen masih bagus. Kuartal II dan III bisa kita switch ke yang lain, karena komoditas ekspor kita kan banyak,? tuturnya.  

Faktor ketiga adalah adanya perlambatan di sektor perdagangan dari  6,5 persen pada tahun lalu menjadi  4,9 persen. Salah satu penyebabnya, kata dia, adalah dampak aturan minerba dan menurunnya impor barang dan jasa.  

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...