Jusuf Kalla Akui Ada Isu Rush di Bank Century

Image title
Oleh
8 Mei 2014, 14:30
2014-05-08-03.jpg
KATADATA/
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakui adanya isu penarikan dana secara besar-besaran (rush) yang terjadi di Bank Century pada saat krisis 2008.

Hal ini terungkap setelah Luhut Pangaribuan selaku pengacara mantan Deputi Gubernur Bidang Pengelolaan Moneter dan Devisa Bank Indonesia Budi Mulya, mencecarnya dengan pertanyaan seputar rapat pada 13 November 2008. Jusuf Kalla yang akrab dipanggil JK, mengakui pernah memimpin rapat pada tanggal itu.

?Betul. Seperti saya sampaikan, saya panggil menteri-menteri per minggu untuk meminta laporan apa masalah yang terjadi di bidang,? ujarnya saat bersaksi dalam sidang kasus Bank Century di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta (8/5).

Dalam dokumen notulen rapat yang diperoleh Katadata, isu rush Bank Century merupakan salah satu satu pokok yang dibahas dalam rapat. Disebutkan dalam notulen bahwa isu rush itu sebenarnya hal biasa. Namun, karena kejadiannya bersamaan dengan situasi krisis sehingga menimbulkan suasana dan nuansa yang berbeda.
(Baca juga: Kesaksian JK, Informasi Baru Soal Century)

Menanggapi laporan itu, JK meminta segera diselesaikan secepatnya oleh pihak-pihak terkait. Dia juga meminta kronologi permasalahannya dijelaskan secara transparan sehingga tidak menimbulkan isu dan spekulasi yang makin membahayakan sistem perbankan dan perekonomian nasional.

?Bila perlu pemerintah segera menindak pihak-pihak atau pelaku penyebar isu yang dapat membahayakan sistem perbankan nasional,? tutur JK seperti dikutip dari notulen rapat.

Halaman:
Reporter: Rikawati, Safrezi Fitra
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...