Harga Turun, Indo Tambangraya Harus Efisiensi

Image title
Oleh
9 Mei 2014, 16:59
katadata
KATADATA/
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? PT Indo Tambangraya Megah Tbk menargetkan produksi tahun ini sebesar 29,5 juta ton dan penjualan 29,7 juta ton. Target produksi tersebut hanya naik tipis 0,34 persen, jika dibandingkan realisasi produksi batu bara pada 2013 sebesar 29,4 juta.  

Direktur Keuangan Indo Tambangraya Megah Edward Manurung mengatakan pertumbuhan tipis ini dikarenakan harga komoditas (batu bara) dunia saat ini sedang tertekan dan belum stabil. "Untuk tahun ini, kami targetkan produksi flat atau sama dari tahun lalu," ujarnya, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (8/5).  

Advertisement

Meski target produksi hanya naik tipis dan harga jual turun, perseroan tetap berharap dapat mempertahankan perolehan laba. Makanya, perseroan akan melakukan efisiensi untuk menekan biaya dengan mensiasati berbagai komponen pengeluaran.   

Efisiensi tersebut dilakukan dengan mengurangi nisbah kupas (stripping ratio), dalam hal logistik, dan menerapkan berbagai teknik penambangan. Serta mengutamakan belanja modal sebesar US$ 86 juta pada proyek-proyek mendesak.  

Selain itu, perseroan juga memanfaatkan teknologi ban berjalan (conveyor) untuk mendistribusikan batu bara dari sumber batu bara ke penampungan untuk menekan biaya Teransportasi. Sebelumnya, perseroan mengangkut batu bara dengan truk yang menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM). Dengan menggunakan conveyor yang menggunakan energi listrik, biayanya menjadi lebih murah.  

Perseroan juga mengonversi bahan bakar kendaraannya, BBM ke Bahan Bakar Gas (BBG) jenis Compress Natural Gas (CNG). Dalam hal ini, Edward mengklaim perseroan merupakan perusahaan tambang pertama yang melakukan konversi BBM ke BBG.  

?(semua) Itu (dilakukan) untuk membantu menurunkan biaya produksi saat harga batu bara turun,? ujarnya.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement