BRI, Bank Paling Menguntungkan di ASEAN

Image title
Oleh
13 Mei 2014, 00:00
3889.jpg
KATADATA/
KATADATA | Dok. KATADATA

KATADATA ? PT Bank Rakyat Indonesia Tbk menjadi bank paling menguntungkan di kawasan Asia Tenggara selama lima tahun berturut-turut. Fokus bank negara pada segmen usaha mikro, kecil dan menengah yang mengenakan suku bunga pinjaman tinggi menjadi salah satu penyebabkan tingginya profitabilitas BRI dibandingkan bank-bank lain di ASEAN.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Katadata Research, rata-rata Return on Equity (RoE) atau tingkat pengembalian modal BRI tahun lalu sebesar 30 persen. Itu lebih besar dibandingkan dengan rata-rata RoE bank-bank papan atas nasional, seperti Bank Mandiri dan BCA. Pencapaian itu juga lebih tinggi dibandingkan bank-bank papan atas regional ASEAN, seperti CIMB Group, DBS, UOB maupun OCBC. Sedangkan untuk earning per share (EPS) pertumbuhan 5 tahun (CAGR) hanya kalah dibanding Maybank. 

Bahkan, di Tanah Air, secara nominal, BRI dikenal bank yang selalu meraup laba paling tinggi dibandingkan dengan bank-bank nasional lainnya. Predikat BRI tersebut belum terkalahkan saat bank-bank menyampaikan laporan keuangan setiap tahunnya.

Selama ini, BRI memang dikenal sebagai bank BUMN yang bergerak di segmen bisnis mikro, kecil dan menengah. Segmen bisnis tersebut mencakup lebih dari 80 persen dari total kredit BRI. Dengan fokus pada segmen yang menjanjikan marjin bunga yang tinggi tersebut, BRI mampu meraup pendapatan bunga bersih sebesar Rp 43 triliun pada 2013.

Reporter:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...