BI Jaga Pertumbuhan Kredit 17 Persen

Image title
Oleh
19 Mei 2014, 00:00
BI Jaga Pertumbuhan Kredit 17 Persen.jpg
KATADATA/
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Bank Indonesia (BI) akan berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menahan pertumbuhan kredit perbankan di kisaran 15-17 persen pada tahun ini. Saat ini, masih ada sejumlah bank yang pertumbuhan kreditnya melebihi angka tersebut.

?Kami lakukan tindakan preventif dengan supervisi terhadap bank yang bersangkutan. Kami sifatnya memberikan informasi ke OJK. Angka 15-17 persen itu adalah angka yang melalaui assesment secara makro yang dukung keseimbangan makro baik internal dan eksternal,? ujar Direktur Eksekutif Departemen.

Advertisement

Kebijakan Makroprudensial BI Darsono, saat acara "Memperkuat Stabilitas Sistem Keuangan di Tengah Ketidakseimbangan Eksternal' di Gedung BI, Jakarta, Senin (19/5).

Dia mengatakan, pertumbuhan  kredit di atas 15-17 persen merupakan upaya menjaga likuiditas perbankan. ?Tidak hanya bank besar, tapi bank kecil pun harus tersedia likuiditas yang cukup. Ekonomi kita sedikit melambat, pendapatan masyarakat tidak terlalu kencang dari tahun-tahun sebelumnya,? tuturnya.

Dengan menetapkan target kredit tersebut, BI dan OJK dapat memantau risiko kredit bermasalah. ?Sehingga tidak menyebabkan kredit bermaslah berlebihan," terang Darsono.

Dia menjelaskan, BI sudah membuat klasifikasi risiko yang dihadapi masing-masing bank. Misalnya, dampak dari turunnya harga komoditas yang berpengaruh terhadap risiko kredit bank-bank di daerah. Kemudian risiko likuiditas, risiko kredit yang tingkat NPL-nya rentan naik, serta bank yang debiturnya rentan terhadap perlambatan ekonomi.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement