Kemendag Naikkan Target Ekspor 2014

Image title
Oleh
20 Mei 2014, 10:10
bayu-krisnamurthi
KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Kementerian Perdagangan (Kemendag) optimistis realisasi ekspor tahun ini melebihi target yang sudah ditetapkan awal tahun. Makanya Kemendag menaikan target pertumbuhan ekspor, dari semula 4,1 persen menjadi 5 persen.  

Optimisme Kemendag ini berbanding terbalik dengan proyeksi Kementerian Keuangan yang ingin memangkas target pertumbuhan ekonomi dari 6 persen menjadi 5,5 persen. Hal ini diusulkan dalam asumsi makroekonomi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P 2014).  

Advertisement

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi merasa yakin dalam menaikan target ekspor tersebut. Sebab, meski pertumbuhan ekonomi melambat pada kuartal I tahun ini, ekspor nonmigasnya tetap naik.  

Dalam catatan Kemendag, kebijakan pelarangan ekspor di sektor pertambangan mineral, membuat ekspor awal tahun ini melemah. ?Tapi pada kuartal dua, defisit di sektor mineral dan batu bara akan tertutup oleh penjualan di sektor non minyak dan gas (migas) lainnya,? ujar Bayu, seperti dikutip harian Kontan (20/5).

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement