Rekor Baru Dana Asing di Pasar Modal

Image title
Oleh
26 Mei 2014, 11:36
Saham.2.jpg
KATADATA/
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pemodal asing gencar masuk pasar saham dan obligasi di Indonesia. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) asing telah mencatatkan beli bersih (net buy) Rp 41,84 triliun sejak awal tahun. Begitu juga di pasar obligasi yang mencatatkan Rp 390,57 triliun. Angka ini merupakan rekor tertinggi hot money atau dana panas sepanjang sejarah.

Kepala Riset Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya menilai masuknya asing ini terdorong optimisme membaiknya ekonomi Indonesia. "Neraca perdagangan masih surplus cadangan devisa naik dan bunga acuan Bank Indonesia masih tetap" ujarnya seperti yang dikutip Kontan (26/05).

Advertisement

Kepala Riset HD Capital Yuganur Wijanarko menilai sentimen politik membuat asing memborong saham di Indonesia. Faktor lain pendorong aksi beli asing adalah kinerja semester I/2014 yang akan membaik dibanding kuartal I.

Para analis memproyeksikan dana asing masih membanjiri pasar modal di Indonesia. William memproyeksikan asing masih akan mencatatkan beli bersih atau net buy dalam dua minggu ke depan.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement