Mengorek Peluang Tempat Nongkrong

Image title
Oleh
5 Juni 2014, 17:35
KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Kemacetan yang terjadi setiap jam kantor dimanfaatkan Paramitha Sari (24), karyawan swasta di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, untuk beristirahat di minimarket 7Eleven.

?Biasanya ke sana pagi pas sarapan, sama sore ketika balik kantor,? katanya saat ditemui Katadata di 7Eleven di bilangan Asia-Afrika, Senayan, Rabu (4/6).

Advertisement

Bukan sekadar tempat bersinggah bagi karyawan saat pulang kantor, toko-toko ini juga menjadi tempat bersantai atau melakukan pertemuan oleh berbagai kalangan. ?Sambil mengerjakan tugas kuliah atau sekadar mengobrol dengan teman,? kata Diyanti Utari Syam (20) mahasiswa salah satu kampus di bilangan Senayan.

Hal ini berpotensi meningkatkan keuntungan bagi perusahaan-perusahaan ritel. Namun di sisi lain bisa menambah biaya operasional karena mesti menyediakan sejumlah fasilitas gratis, seperti internet,

Selain 7Eleven yang dimiliki PT Modern Internasional Tbk,terdapat beberapa convenience store sejenis yang juga menjadi tempat bersantai. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk memiliki Lawson, atau Indomart Point yang dimiliki PT Indoritel Makmur Internasional Tbk.

Sejak beroperasi pada 2011, 7Eleven menjadi penyumbang terbesar pendapatan Modern Internasional tiap tahun. Pada 2011, pendapatan dari 7Eleven sebesar Rp 319,2 miliar atau 35,6 persen dar total pendapatan perseroan.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement