BUMI Bidik Rp 8 Triliun dari Rights Issue

Image title
Oleh
27 Juni 2014, 10:26
bakrie tower arief.jpg
KATADATA/ Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ?  PT Bumi Resources Tbk (BUMI) kembali mengoreksi target perolehan dana dari Penawaran Umum Terbatas IV dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMTD) atau rights issue. Berdasarkan prospektus yang dipublikasikan kemarin (26/6), BUMI akan merilis saham biasa seri B maksimal 32,3 miliar unit.

Seperti dikutip dari Kontan (27/06), jumlah tersebut lebih banyak dari rencana awal dalam prospektus 6 Mei 2014 sebanyak 26,17 miliar saham. Harga pelaksanaan rights issue tetap sama, yakni Rp 250 per saham. 

Perubahan ini mengerek target dana rights issue BUMI menjadi Rp 8,05 triliun. Di prospektus awal, nilai rights issue Rp 6,54 triliun. 

Satu hal baru yang menarik yaitu poin tentang penyerapan rights issue. BUMI menyatakan jika ada saham yang tak terserap, sebanyak 13,8 miliar saham baru akan dialokasikan ke beberapa pihak. Salah satunya ke unit Grup Bakrie, Long Haul Holdings Limited, yang akan mengambil 6,9 miliar saham atau setara senilai US$ 150 juta. Dana Long Hail ini akan dipakai untuk melunasi sebagian utang BUMI ke Country Forest Limited (CFL) anak usaha China Investment Corporation (CIC).

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...