Krisis Irak Bisa Bikin Ekonomi RI Ketar-Ketir

Aria W. Yudhistira
27 Juni 2014, 18:32
BBM KATADATA | Arief Kamaludin
BBM KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Krisis politik yang terjadi di Irak dikhawatirkan akan mempengaruhi perekonomian Indonesia. Persoalannya, krisis yang berkepanjangan bakal menyebabkan harga minyak mentah dunia melonjak.

Bagi Indonesia, kenaikan harga minyak mentah berarti akan menambah beban impor dan berisiko terhadap anggaran subsidi bahan bakar minyak.  ?Kenaikan harga minyak akan berdampak, karena Indonesia sekarang sudah net importer minyak,? kata Aldian Taloputra, ekonom PT Mandiri Sekuritas, saat dihubungi Katadata, Jumat (27/6).

Irak merupakan negara produsen  minyak ke-8 terbesar dunia. Per hari produksi minyak Irak mencapai 3,1 juta barel (mbpd) atau 3,4 persen dunia pada 2012. Harga minyak mentah jenis brent pada 19 Juni lalu sempat tembus US$ 115 per barel, level tertinggi dalm sembilan bulan terakhir.

Pemerintah dan DPR memang telah mengubah anggaran subsidi energi sebesar 24 persen menjadi Rp 350,31 triliun dalam APBN-P 2014. Anggaran subsidi ini mencapai 19 persen dari total belanja negara 2014 yang mencapai Rp 1.842,5 triliun. Subsidi tersebut tersebut terdiri dari subsidi BBM, LPG, dan BBN sebesar Rp 246,49 triliun serta subsidi listrik Rp 103,81 triliun.

Namun alokasi subsidi tersebut dikhawatirkan tidak akan mencukupi, apalagi kenaikan harga juga dibarengi dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Meskipun kuota subsidi dikunci sebesar 46 juta kiloliter pada tahun ini.

Halaman:
Reporter: Rikawati, Aria W. Yudhistira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...