Danamon Syariah Targetkan Tambahan Modal Hingga Rp 4 Triliun

Image title
Oleh
1 Juli 2014, 10:34
Bank Danamon KATADATA | Agung Samosir
Bank Danamon KATADATA | Agung Samosir
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Bank Danamon Syariah menargetkan penambahan modal sampai akhir tahun ini mencapai Rp 4 triliun. Penambahan berasal dari induk perseroan, PT Bank Danamon Tbk.

?Kalau tahun kemarin kita tutup di angka Rp 2 triliun, tahun ini target kita Rp 3,5 triliun ? 4 triliun," ujar Direktur Danamon Syariah Herry Hykmanto, seusai acara buka puasa bersama dengan media, di Hotel Shangri-la, Jakarta, Senin (30/6).

Advertisement

Herry mengatakan, perseroan tidak dapat tumbuh agresif di tengah konsidi ekonomi yang masih belum baik saat ini. "Bisa sampai Rp 3 triliun saja sudah cukup senang," tuturnya

Danamon syariah pun hanya menargetkan pertumbuhan pembiayaan 20 persen dari tahun lalu yang mampu tumbuh 30 persen. "Perbankan syarih tumbuhnya melambat, kita sih pengennya cepat. Tapi bisa tumbuh 20 persen saja alhamdulillah," kata dia.

Herry menuturkan, likuiditas perbankan saat ini sudah sangat kompetitif, sehingga perseroan perlu mengeluarkan produk-produk baru. ?Itu strategi kita dengan adanya likuiditas yang ketat ini," tambahnya.

Tahun ini, Danamon akan meluncurkan tiga produk tabungan, yaitu tabungan BISA, tabungan BISA Qurban, dan tabungan BISA Umrah. ?Tabungan BISA Qurban untuk yang mau menabung untuk dana ibadah qurban, kemudian tabungan BISA Umrah untuk mewujudkan niat ibadah umrah,? tutur Herry.

Adapun untuk produk pembiayaan akan bersinergi dengan lini usaha lainnya seperti Adira Finance dan Adira Insurance. ?Permintaan nasabah ada. Kalau untuk pembiayaan transportasi banyak di Jawa. Kalau alat berat banyak di luar Jawa. Jadi merata," ujarnya.

Pada kuartal I-2014 Danamon syariah mencatat pertumbuhan sebesar 16 persen dari Rp 2,4 triliun pada kuartal I-2013 menjadi Rp 2,8 triliun.

Pada pembiayaan untuk usaha kecil dan menengah serta komersial (small medium enterprises and commercial/ SMEC) tumbuh sebesar 26 persen, dari Rp 1,3 triliun pada kuartal I-2013 menjadi Rp 1,6 triliun. Sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 70 persen, dari Rp 1,3 triliun menjadi Rp 2,2 triliun.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement