Return Produk Reksa Dana Saham Jeblok

Image title
Oleh
2 Juli 2014, 09:59
pasar-saham.jpg
KATADATA/
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ?  Tren perlambatan kinerja reksa dana saham terus berlanjut. Bahkan pada Juni 2014, imbal hasil reksa dana saham terkoreksi cukup tajam hingga -1,02 persen (month on month/mom), lebih tinggi dari koreksi pada indeks acuannya, yaitu IHSG yang hanya terkoreksi -0,31 persen.

Pada Mei 2014, kinerja reksa dana saham tercatat masih tumbuh positif sebesar 1,67 persen secara mom. Berdasarkan data PT Infovesta Utama, per 30 Juni 2014, return yang negatif pada reksa dana saham itu juga diikuti oleh reksa dana varian lainnya yakni reksa dana campuran dan reksa dana pendapatan tetap.

Advertisement

Hanya reksa dana pasar uang yang membukukan return positif, yakni sebesar 0,57 persen.

Analis PT Infovestas Utama, Vilia Wati mengatakan positifnya kinerja reksa dana pasar uang di tengah terkoreksinya jenis reksa dana lainnya ini ditopang oleh portofolio reksa dana pasar uang.

Secara umum, portofolionya mayoritas ditempatkan pada aset pasar uang seperti deposito atau SBI yang tidak ada pergerakan harga dan penghasilannya berasal dari bunga. "Sementara itu penempatan pada efek obligasi jangka pendek relatif lebih sedikit," ujarnya seperti dikutip Bisnis Indonesia (02/07).

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement