Rupiah Melemah, Pasar Antisipasi Hasil Pilpres

Image title
Oleh
2 Juli 2014, 17:42
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Jarak elektabilitas antara kedua kandidat presiden yang semakin tipis membuat kurs rupiah kembali melemah. Pasar sudah mulai melakukan penyesuaian terhadap hasil pemilihan presiden (pilpres). 

Eric Sugandhi, ekonom Standar Chartered Indonesia, mengatakan penyesuaian itu tidak dapat dihindari lantaran peta pertarungan dalam pilpres yang semakin ketat. Apalagi Partai Demokrat sudah menyatakan bergabung dengan koalisi mendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

?Misalnya Jokowi (Joko Widodo) menang tipis akan kesulitan berhadapan dengan parlemen di mana Demokrat sudah menyatakan bergabung,? kata dia saat dihubungi Katadata, Rabu (2/7).

(Baca: Prabowo Presiden, IHSG dan Rupiah Diprediksi Turun)

Dia menambahkan, saat ini pasar pun juga sudah mengantisipasi jika Prabowo yang akan memenangkan pilpres. ?Investor sudah mulai membeli dolar,? kata dia.

Berdasarkan data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia (BI), rupiah pada hari ini berada di di level Rp 11.854 per dolar Amerika Serikat (AS), melemah dibandingkan posisi kemarin Rp 11.798 per dolar AS.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...