SKK Migas Cari Pembeli Gas di Luar Negeri

Image title
Oleh
4 Juli 2014, 10:53
SKK Migas
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Satuan Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) sedang mencari pembeli gas dari kilang Bontang, yang tidak terserap di dalam negeri. Jumlah gas yang sedang ditawarkan tersebut mencapai 5 kargo, atau 300.000 metrik ton.

Pelaksana Tugas Kepala SKK MIgas Johanes Widjonarko mengatakan sebelumnya jumlah gas yang tidak terserap di kilang gas Badak di Bontang tersebut ada 23 kargo. Namun, sebanyak 18 kargo akhirnya sudah ada pembelinya, yakni British Petroleum Trading. Sehingga saat ini hanya tersisa 5 kargo.

Advertisement

Adapun 18 kargo yang dijual tersebut harganya tidaklah murah, yakni masih di atas US$ 13 per mmbtu (million british thermal units). Lebih tinggi dari harga jual gas Tangguh yang baru saja disepakati dengan China sebesar US$ 8 per mmbtu.

Menurutnya, saat ini kebutuhan gas dalam negeri sudah terpenuhi semua. Pasar domestik memperoleh prioritas pertama untuk memperoleh alokasi gas dari seluruh produksi gas nasional.

Makanya sisa produksi sebesar 5 kargo tersebut harus dijual ke luar negeri. Kalau tidak dijual, bisa berdampak matinya sumur gas. ?Kalau sumur gas mati, takutnya bisa tidak keluar lagi gasnya. Ini kan repot. Yang penting kebutuhan domestik sudah terserap,? ujar  Widjonarko, seperti dikutip harian Bisnis Indonesia, Jumat (4/7).

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement