IHSG Bergairah Dua Hari Jelang Pilpres

Image title
Oleh
7 Juli 2014, 15:20
Saham KATADATA | Arief Kamaludin
Saham KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menunjukkan gairahnya dua hari menjelang pemilihan presiden (pilpres). ?Investor sudah siap-siap membeli,? kata Reza Nugraha, analis MNC Securities saat dihubungi Katadata, Senin (7/7).

Menurutnya, investor melihat kebijakan yang akan dilakukan oleh kedua kandidat sudah cukup jelas lewat serangkaian acara debat, sehingga siapa pun yang akan menang akan direspons positif. ?Berdasarkan pengalaman, setelah pilpres biasanya (saham) akan naik,? kata dia.

Hingga pukul 15.00, IHSG tercatat sudah menguat 68 poin atau 1,4 persen ke level 4.973. Saham-saham infrastruktur tercatat mengalami kenaikan yang tinggi, seperti PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk yang naik 1.575 poin atau 6,74 persen ke level 24.950 per saham. Kemudian PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang naik 4,96 persen ke 15.875 per saham.

Sementara itu, hasil riset Danareksa menyebutkan, investor saat ini masih cenderung menunggu hasil pilpres 9 Juli nanti sebelum memutuskan untuk menanamkan modalnya di pasar saham Indonesia.

?Mereka memilih untuk memastikan kemenangan Jokowi, daripada mengambil risiko mengoleksi saham sekarang, meskipun harganya sedang turun,? kata Helmy Kristanto, analis Danareksa, dalam risetnya yang berjudul ?A Nation in Waiting? beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dari hasil pertemuannya dengan sejumlah investor institusional di Kuala Lumpur, Singapura, dan Hong Kong, ketidakpastian akan hasil pilpres tersebut merupakan alasan utama mereka untuk menahan investasinya di Indonesia. Apalagi dari hasil survei sejumlah lembaga yang menunjukkan selisih keterpilihan kedua kandidat yang makin dekat.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...