Jero Wacik: SBY Tak Mungkin Naikkan Harga BBM

Image title
Oleh
1 September 2014, 15:46
Jero Wacik KATADATA|Arief Kamaludin
Jero Wacik KATADATA|Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono tidak akan menaikkan harga BBM bersubsidi hingga masa jabatannya berakhir.

Menurut dia, Yudhoyono sudah empat kali menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi tersebut selama masa jabatannya.

?Menaikkan harga BBM itu sudah menjadi program SBY sejak 2004. Tapi kan kemarin dipolemikkan, buktinya sudah empat kali (menaikkan harga BBM). Sekarang Pak SBY sulit, timing-nya nggak mungkin,? ujar Jero seusai rapat kerja dengan Komisi VII DPR, di Jakarta, Senin (1/9).

Jero mengatakan, harga BBM memang sudah harus dinaikkan. Hal ini mengingat anggaran subsidi energi yang mencapai Rp 363,5 triliun dalam RAPBN 2015.

Meski begitu, dia mengakui, menaikkan harga BBM bersubsidi bukan hal mudah karena memiliki dampak yang luas. Di satu sisi, pemerintah memiliki kesempatan terbatas untuk mengatasi kondisi fiskal yang makin sempit. Mau tak mau harus menaikkan harga BBM bersubsidi. ?Terangkan kepada rakyat. Apa boleh buat, harus seperti itu,? tutur dia.

Adapun, kata Jero, pemerintah sudah menyiapkan skema kenaikan harga BBM bersubsidi secara bertahap. Skema kenaikan mempertimbangkan tarif dasar listrik (TDL) dan harga elpiji yang sudah membebani rakyat.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...