Pertarungan Dua Presiden di Medan BBM

Image title
Oleh
1 September 2014, 17:27
Katadata
KATADATA
abror/presidenri.go.id

KATADATA ? Polemik mengenai siapa yang harus menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi menunjukkan telah terjadi pertarungan di antara dua presiden.

Di satu sisi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang masih berkuasa dan menyiapkan anggaran negara. Di sisi lain ada presiden terpilih Joko Widodo yang bakal melaksanakan anggaran yang disiapkan SBY.

Advertisement

Burhanuddin Muhtadi, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, mengatakan keengganan SBY menaikkan harga BBM merupakan bagian dari strategi menaikkan posisi tawar terhadap pasangan presiden dan wakil presiden terpilih beserta partai pendukungnya. Ini dilakukan dengan posisi administrasinya dalam pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015.

?Itu kan otomatis Pak SBY sebagai aktor politik, jadi semakin penting perannya. Posisi tawar SBY jadi naik. Sementara yang melakukan APBN itu adalah Jokowi-JK,? tutur Burhanuddin di Jakarta, Senin (1/9).

Menurut dia, SBY khawatir akan dikenang sebagai presiden yang memberikan warisan buruk bagi rakyat melalui kebijakan menaikkan harga BBM. Langkah SBY ini bahkan dinilainya sebagai sindirian bagi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang menjadi partai utama pengusung Jokowi-JK yang selama ini dikenal anti kenaikan harga BBM.

?Jadi ini sebenarnya adalah pertarungan politik. Ada power game di situ, yakni SBY sebenarnya sedang berusaha menaikkan posisi tawar. Terutama di depan Jokowi-JK,? ujar Burhanuddin.

Firmanzah, Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, mengatakan pemerintah tidak akan menyesuaikan harga BBM pada saat ini. Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya penghematan baik dari sisi anggaran subsidi maupun dari belanja pemerintah pusat.

?Kami sudah memainkan TDL (tarif dasar listrik), tahun lalu kita naikkan BBM. Masyarakat sekarang masih perlu waktu menyesuaikan dampak kenaikan BBM kemarin. Penghematan masih dilakukan, jadi kita lihat semuanya,? tuturnya.

Halaman:
Reporter: Petrus Lelyemin
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement