IHSG Masih Konsolidasi, Investor Perlu Cermati Aksi Jual

Image title
Oleh
3 September 2014, 09:49
IHSG
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan masih berada pada tahapan konsolidasi. Pelaku pasar perlu mencermati aksi jual sejumlah investor.

Kesepakatan renegosiasi PT Newmont Nusa Tenggara dengan pemerintah merupakan sentimen positif yang akan mempengaruhi kinerja IHSG. Kesepakatan ini dinilai dapat membantu memperbaiki neraca perdagangan Indonesia ke depan.

Advertisement

Namun, Samuel Sekuritas mengingatkan, pelemahan nilai tukar rupiah yang sudah terjadi dalam dua hari terakhir dapat menahan penguatan IHSG pada perdagangan hari ini.

Fath Aliansyah Budiman, analis Mandiri Sekuritas, mengatakan investor perlu memerhatikan indikator perekonomian di dalam negeri. Laju inflasi 2014 memang diperkirakan sejalan deprediksi Bank Indonesia sebesar 4,5 persen plus minus 1 persen.

Akan tetapi, ada hal lain yang perlu diperhatikan yakni dampak kenaikan tarif dasar listrik (TDL). Kemudian yang juga perlu diperhatikan adalah potensi kenaikan harga makanan karena ketidakpastian cuaca, serta kebijakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

?Tapi meski ada hal-hal tadi, menurut saya, kecil kemungkinan itu akan melampaui prediksi inflasi kami sebesar 5,5 persen. BI Rate juga diprediksi akan tetap di level 7,5 persen sampai akhir tahun. Soalnya, nilai tukar rupiah masih stabil. Juga ada perbaikan makro ekonomi sepanjang semester dua ini,? tutur Fath.

Fath memperkirakan IHSG pada hari ini, masih dalam fase konsolidasi dan bergerak menguat dengan kenaikan terbatas. Indeks, kata dia, akan bergerak di kisaran support 5.186 dan resisten 5.208.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement