PMN Ditolak, PLN Kurangi Dana Investasi

Image title
Oleh
18 September 2014, 16:19
PLN
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ?  Penolakan usulan penyertaan modal negara (PMN) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) membuat perusahaan plat merah itu mengurangi dana investasinya. Hal itu juga akan berdampak beberapa proyek PLN tertunda.

Semula PLN mengajukan PMN sebesar Rp 5,23 triliun untuk membiayai beberapa proyek listriknya. Dengan dana itu, rata-rata gap funding investasi PLN bisa berkurang dari 43 persen menjadi 34 peren. PMN juga berperan untuk memperbaiki kondisi debt to equity ratio (DER) PLN yang terlalu tinggi yaitu 255 persen. Namun usulan PMN itu ditolak oleh Komisi VI DPR dengan alasan data yang disampaikan PLN kurang komprehensif dan detail.

Terkait hal tersebut, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan mengatakan tidak ada cara lain bagi PLN untuk mengurangi investasinya tahun depan. PLN juga harus menyerahkan proyek listrik ke swasta agar tetap berjalan. "Karena rakyat kan harus tetap mendapatkan listrik," ujarnya di Jakarta (18/9).

Tahun ini PLN membutuhkan investasi sebesar Rp 56,5 triliun. Padahal DER PLN terlampau tinggi untuk mengajukan fasilitas pinjaman.

Selain mengusulkan PMN, Kementerian BUMN juga mengajukan permohonan  Subsidiary Loan Agreement (SLA) sebesar Rp 3,28 triliun. Terkait pengajuan itu, Komisi BUMN belum memberikan pendapatnya, namun mempersilahkan Kementerian BUMN untuk meneruskan ke Badan Anggaran DPR.

Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...