Direktur Hulu Ditunjuk Sebagai Dirut Sementara Pertamina

Image title
Oleh
1 Oktober 2014, 12:13
Muhammad Husein KATADATA|Arief Kamaludin
Muhammad Husein KATADATA|Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Muhamad Husen ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Direktur Hulu Pertamina ini menggantikan Karen Agustiawan yang resmi mengundurkan diri mulai 1 Oktober ini.

Komisaris Pertamina yang juga Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan dewan komisaris sudah mempertimbangkan semua kandidat yang ada. Muhammad Husen dianggap paling senior dan memiliki pengalaman sebagai direktur hulu. 

?Kemudian yang Pertamina yang penting hulu, profit terbesar dari hulu,? ujarnya di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (1/10). Bisnis kegiatan hulu ini mampu menyumbang 60 persen total keuntungan Pertamina.

Menurut dia, industri hulu menjadi perhatian utama saat ini, terutama untuk mencapai target lifting sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Perubahan (APBN-P) 2014 sebesar 818.000 barel per hari. Pertamina merasa angka tersebut dirasa sulit untuk tercapai, di tengah produksi minyak yang cenderung menurun.

Vice President Corporate communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan penunjukan Husen ini merupakan keputusan dewan komisaris Pertamina. Karena Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tidak memutuskan untuk mengangkat direktur utama, makanya kewenangan tersebut diserahkan kepada dewan komisaris.

"Dewan komisaris sudah menetapkan bapak Muhamad Husen, selain direktur hulu menjadi Plt Pertamina mulai tanggal 1 Oktober," ujarnya.

Sebagai pelaksana tugas, Husen tetap memiliki kewenangan penuh seperti halnya direktur utama definitif, termasuk mengambil kebijakan strategis. Adapun untuk penetapan direktur utama definitif, kata Ali, adalah kewenangan RUPS dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pemegang saham. Bisa saja penetapan direktur utama definitif dilakukan setelah pelantikan presiden terpilih Joko Widodo - Jusuf Kalla 20 Oktober mendatang.

Halaman:
Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...