Pertamina Akuisisi 30 Persen Aset Murphy Oil Senilai Rp 24 Triliun

Image title
Oleh
1 Oktober 2014, 13:26
Pertamina
Donang Wahyu|KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ?  PT Pertamina resmi mengakuisisi 30 persen aset minyak dan gas Murphy Oil Corporation, di offshore Malaysia yaitu di Sabah dan Sarawak. Dalam akusisi ini, Pertamina menggelontorkan investasi sebesar US$ 2 miliar atau Rp 24,3 triliun.

Vice President Corporate communication Pertamina Ali Mudzakir mengatakan, saat ini Pertamina dalam proses menyelesaikan transaksi dengan Murphy Oil Corp. "Harapannya selesai pada kuartal I/2015," ujarnya di gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (1/10).

Advertisement

Transaksi pembelian itu efektif terhitung mundur sejak 1 Januari 2014, terhitung mundur. Menurut Ali hal tersebut biasa dalam transaksi migas.

Mengutip laman resmi Murphy Oil Corporation, aset yang dibeli Pertamina yaitu anak usaha perusahaan migas dari Arkansas Amerika, yaitu Murphy Sabah Oil Co, Ltd dan Murphy Sarawak Oil Co, Ltd.

Transaksi pembelian itu akan diselesaikan dalam dua tahap, yaitu pada kuartal IV/2014 dan kuartal I/2015. Transaksi ini menunggu persetujuan dari Malaysia Petroliam Nasional Berhad (Petronas).

Dengan transaksi ini, Murphy berharap bisa membangun kemitraan jangka panjang dengan Pertamina. Menurut Roger Jenkins, CEO Murphy pihaknya akan terus menjadi operator dan melakukan eksplorasi di kedua perairan dangkal Malaysia ini.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement