XL Jual 3.500 Menara Rp 5,6 Triliun kepada Solusi Tunas Pratama

Image title
Oleh
1 Oktober 2014, 11:53
Menara Seluler
Arief Kamaludin | Katadata
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? PT XL Axiata Tbk, operator telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia, menjual 3.500 menara telekomunikasinya kepada perusahaan penyedia menara telekomunikasi PT PT Solusi Tunas Pratama Tbk. Penjualan ini dilakukan melalui tender terbuka dan Solusi Tunas Pratama terpilih sebagai pemenangnya.

Nilai transaksi penjualan menara tersebut mencapai Rp 5,6 triliun dan diharapkan selesai akhir tahun ini. Sementara pembayaran transaksi seluruhnya dalam bentuk tunai tanpa pembayaran lain dalam bentuk saham atau komponen lain yang ditangguhkan.

Advertisement

Selain transaksi penjualan menara tersebut, Xl dan Solusi Tunas Pratama juga menandatangani Perjanjian Induk Sewa Menara. XL telah setuju untuk menyewa kembali menara yang telah dijual kepada Solusi Tunas Pratama untuk jangka waktu 10 tahun.

XL juga mengaku mendapatkan persyaratan sewa yang kompetitif sebagai penyewa utama. Dengan persyaratan sewa tersebut, XL dapat melakukan penghematan atas belanja modal dan biaya operasional.

(Baca: Emiten Telekomunikasi Kurangi Anggaran Capex)

Chief Executive Officer XL Hasnul Suhaimi mengatakan penjualan menara kepada STP merupakan sebuah langkah positif untuk mencapai strategi pengurangan aset (asset light strategy). Nantinya perseroan akan semakin fokus dalam bisnis inti sebagai operator telekomunikasi

Penjualan ini, kata Hasnul, dapat meningkatkan nilai dari portofolio menara XL dengan harga yang terbaik dengan disertai syarat dan ketentuan transaksi yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan. ?XL akan menggunakan dana hasil transaksi ini untuk mengurangi sebagian beban hutang,? ujar Hasnul dalam keterangannya.

Sementara bagi Solusi Tunas Pratama, transaksi ini semakin memantapkan posisi perseroan dalam kategori tiga besar perusahaan penyedia menara independen di Indonesia. ?Melalui transaksi penjualan menara terbesar di Indonesia saat ini, antusias untuk menambah portfolio aset menara berkualitas dengan jumlah penyewaan yang sudah pasti serta memiliki potensi untuk penambahan penyewaan," Presiden Direktur Solusi Tunas Pratama Nobel Tanihaha.

Untuk transaksi ini, XL telah menunjuk Merrill Lynch Pte.Ltd sebagai penasihat keuangan eksklusif. Sedangkan Solusi tunas Pratama menunjuk Standard Chartered Bank dan J.P.Morgan Limited sebagai penasihat keuangan.

Reporter: Safrezi Fitra
Editor: Arsip
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement