Menkeu Lebih Khawatirkan Perlambatan Ekonomi Cina daripada Jerman

Image title
Oleh
15 Oktober 2014, 08:36
pelabuhan-ekspor
KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Menteri Keuangan M. Chatib Basri mengatakan, tidak terlalu mengkhawatirkan pelemahan ekonomi yang terjadi di Jerman. Dia justru lebih mewaspadai perlambatan pertumbuhan ekonomi di Cina.

Cina merupakan negara tujuan utama ekspor Indonesia. ?Kalau yang paling signifikan adalah Cina,? katanya kepada Katadata di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (14/10) malam.

Advertisement

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor nonmigas ke Cina periode Januari-Agustus 2014 mencapai US$ 11,3 miliar. Jumlah ini setara 11,7 persen dari total ekspor nonmigas Indonesia. (Baca: Target Ekspor Akan Direvisi Lagi karena Jerman Terancam Krisis)

Sementara ekspor nonmigas Indonesia ke Jerman tercatat hanya US$ 1,9 miliar sepanjang Januari-Agustus 2014 atau sekitar 2 persen dari total ekspor nonmigas Indonesia. Bahkan ekspor ke Cina masih lebih besar jika dibandingkan dengan ekspor nonmigas ke kawasan Uni Eropa.

Meski begitu, Chatib mengatakan, ekonomi Indonesia dapat bergerak lebih baik. Mengingat ekonomi Indonesia dapat tumbuh sebesar 5 persen pada saat situasi global tidak mendukung.

?Cuma ada dua negara yang performance 5 persen yakni Indonesia dan India,?ucapnya. (Baca: Jerman Krisis, Rupiah Kian Sulit Menguat)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement