Pengeluaran Masyarakat Tak Berkurang Saat Pensiun

Image title
Oleh
15 Oktober 2014, 17:10
Rupiah
Arief Kamaludin | Katadata
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pengeluaran masyarakat Indonesia ternyata tak berkurang signifikan di saat memasuki masa pensiun. Pengeluaran pensiun mencapai 94 persen dibanding sebelum masa pensiun.

Kesimpulan itu itu diperoleh dari hasil riset yang dilakukan Manulife Investor Sentiment Index di Kawasan Asia. Survey itu melibatkan 500 responden di tiga kota besar yaitu Jakarta, Medan, dan Surabaya pada Mei dan Juni 2014.

Presiden Direktur PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Legowo Kusumonegoro mengatakan Indonesia memiliki bonus demografi dengan usia produktif 30 tahun ke depan. Dengan usia produktif yang banyak tersebut menyebabkan persentase pensiun 20 tahun mendatang meningkat 20 persen. 
"Tetapi tingkat persiapan masa tua masih kecil, karena rendahnya tingkat kekayaan bersih di hari tua," ujarnya, di Jakarta, Rabu (15/10).

Persiapan dana pensiun itu seharusnya dilakukan di usia produktif, dengan menyisihkan penghasilan untuk masa pensiun. Semakin dini persiapan, beban di masa pensiun akan semakin ringan. "Ketika menerima penghasilan, sisihkan dulu untuk masa depan. Sisanya untuk memenuhi kebutuhan hidup," ujarnya.

Ada beberapa sumber pendapatan yang biasa diandalkan agar bisa menghidupi masa pensiun. Sumber pendapatan yang diandalkan yaitu jaminan sosial dan dana pensiun. Namun apakah dana yang dikumpulkan selama usia produktif itu cukup untuk membiayai hidup selama pensiun. Andalan lainnya yaitu mengharapkan dukungan keluarga untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun fenomena tersebut tidak bisa lagi berlaku. Adanya urbanisasi membuat anak tinggal jauh dengan orang tua. Selain itu, jumlah anak saat ini juga sedikit, hanya satu atau dua anak saja.

Halaman:
Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...