Darmin Nasution Calon Kuat Menko Perekonomian

Image title
Oleh
20 Oktober 2014, 20:10
Darmin Nasution
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution menjadi kandidat kuat sebagai menteri koordinator bidang perekonomian 2014-2019.

Menurut sumber Katadata, nama Darmin termasuk dalam daftar akhir yang diajukan Presiden Joko Widodo ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK).

Advertisement

Kedua lembaga tersebut diminta memeriksa nama-nama calon menteri, terutama yang terindikasi melakukan korupsi. Hasil pemeriksaan tersebut menjadi pegangan Jokowi untuk memutuskan pengisi kabinet.

?Dia (Darmin) termasuk dalam shortlist 43 nama yang masuk ke KPK,? sebut sumber tersebut. (Baca: Ada Laporan PPATK, Jokowi Akan Tunda Umumkan Kabinet)

Darmin pun disebutkan sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan Jokowi, panggilan akrab Joko Widodo. Kabar terakhir menginformasikan bahwa JK juga telah memberikan dukungan agar Darmin masuk dalam kabinet.

Jokowi memiliki kecocokan pandangan dengan bekas Dirjen Pajak itu mengenai ekonomi Indonesia ke depan. Kecocokan tersebut sudah terjalin sejak sebelum pemilihan presiden (pilpres) digelar. Darmin merupakan salah satu bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Jokowi dalam pilpres. Namun karena tingkat elektabilitasnya lebih rendah, Jokowi akhirnya memilih JK, panggilan Jusuf Kalla.

(Baca: Sri Adiningsih Disebut Bakal Jadi Menteri Keuangan)

Halaman:
Reporter: Redaksi, Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement