Retno dan Arif Havas Kandidat Menteri Luar Negeri

Image title
Oleh
22 Oktober 2014, 15:22
Katadata
KATADATA
KATADATA | CC Harjono

KATADATA ? Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kerajaan Belanda Retno LP Marsudi dikabarkan mendadak pulang ke Jakarta karena dipanggil Presiden Joko Widodo.

Ini menguatkan dugaan bahwa lulusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada itu akan ditunjuk menjadi menteri luar negeri. Nama Retno sudah digadang-gadang salah satu kandidat ?bos? Pejambon, sebutan untuk Kementerian Luar Negeri.

?Dia buru-buru pulang dan ketemu Jokowi,? kata sumber Katadata.

Retno dikenal sebagai salah satu diplomat andal dan dinilai berhasil meredam isu Papua merdeka selama menjabat Dubes di Belanda. Padahal di Inggris isu Papua merdeka sempat membuat repot pemerintah. Selain itu, sewaktu menjadi Dubes untuk Norwegia, Retno menjadi salah satu anggota tim pencari fakta kematian aktivis HAM Munir.

Kandidat lain yang juga disebut-sebut sebagai calon menteri luar negeri adalah Arif Havas Oegroseno. Saat ini dia menjabat sebagai Dubes untuk Belgia.

Sama seperti Retno, Arif merupakan diplomat karir di Kementerian Luar Negeri. Sebagai diplomat, dia dikenal sebagai ahli perbatasan dan salah satu juru runding andal, terutama yang berkaitan dengan perbatasan.

Halaman:
Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...