Kementerian ESDM, Peluang Lain Sofyan Djalil

Image title
Oleh
22 Oktober 2014, 16:38
Sofyan Djalil
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Salah satu nama yang kerap disebut bakal masuk jajaran kabinet pemerintahan baru adalah Sofyan Djalil. Selain Menteri BUMN, posisi lain yang berpeluang untuk ditempati oleh Sofyan adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Kabar terakhir yang diterima Katadata menyebutkan, mantan Menteri Komunikasi dan Informatika serta Menteri Negara BUMN pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid I ini kemungkinan besar akan diplot menjadi Menteri ESDM. Padahal, sebelumnya ia lebih santer dikabarkan bakal kembali menduduki jabatan lamanya sebagai menteri BUMN.

Advertisement

Menurut salah seorang sumber di lingkungan pemerintahan, Sofyan merupakan salah satu dari tiga nama yang diusulkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk masuk dalam kabinet. Dua kandidat lainnya, yaitu mantan Menteri Hukum dan HAM Hamid Awaluddin serta mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Menurut sumber tadi, dari tiga kandidat yang diusulkan JK, peluang Sofyan untuk masuk jajaran kabinet paling besar. ?Sofyan bahkan dipandang bisa mengisi pos-pos lain di luar Kementerian BUMN,? ujarnya.

(Baca: JK Usulkan Sofyan Djalil sebagai kandidat Menteri BUMN)

Ketika ditanyakan soal kabar ini, Sofyan hanya berujar singkat. "Sampai pengumuman, semua kemungkinan masih bisa terjadi," ujarnya kepada Katadata melalui pesan pendek.

Sewaktu menjadi Menteri BUMN, Sofyan dikenal sebagai manajer yang mampu memilih figur tepat untuk mengelola BUMN. Sejumlah kalangan juga menilai, Sofyan merupakan Menteri BUMN yang paling berhasil.

Sebab, di masa kepemimpinannyalah, ia berhasil membujuk sejumlah eksekutif top dari perusahaan nasional dan multinasional untuk mau bergabung ke BUMN, sehingga proses transformasi sejumlah perusahaan pelat merah bisa berjalan.

Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti menilai profesionalitas Sofyan tidak diragukan. (Baca: Raden Priyono dan Ari Soemarno Disebut Calon Kuat Menteri ESDM). Seperti diberitakan Katadata sebelumnya, sejumlah pelaku industri migas juga menilai, Sofyan Djalil layak menjadi Menteri ESDM. (Baca: Berani Lawan Mafia, Ini Calon Alternatif Menteri ESDM)

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement