Laporan KPK Selesai, Jokowi Siap Umumkan Kabinet

Image title
Oleh
24 Oktober 2014, 23:04
Jokowi & JK
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Mantan Deputi Tim Transisi, Andi Widjajanto mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah siap mengumumkan daftar nama kabinetnya. Namun dia belum bisa memastikan apakah akan diumumkan malam ini atau besok.

"Tunggu saja. Semuanya siap, kabinetnya sudah siap untuk diumumkan," katanya di Istana Presiden, Jakarta, Jumat (24/10) malam.

Menurutnya saat ini Presiden Jokowi masih mempelajari hasil laporan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jika tidak ada revisi lagi, maka langsung diumumkan malam ini. "Kalau hasilnya tidak mengharuskan revisi kabinetnya sendiri sudah bisa diumumkan," ucapnya.

KPK, kata dia, telah menyerahkan laporan penilaian calon menteri yang diajukan oleh Jokowi. Laporan ini diserahkan langsung oleh seluruh pimpinan KPK yang datang ke Istana Negara tadi sore.

Andi juga mengatakan bahwa proses pertimbangan nomenklatur kementerian dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah selesai. Rencananya pertimbangan tersebut akan diantarkan besok. "Tadinya malam ini mau diantar, tapi karena masalah waktu saja, akan diantar besok lagi," ucapnya.

Namun, hal itu bukan menjadi acuan untuk menentukan waktu pengumuman kabinet. Dia mengatakan Jokowi bisa saja mengumumkan kabinet tanpa menunggu pertimbangan dari DPR.

Sehingga kemungkinan kabinet akan diumumkan malam ini. Mengingat pelantikan menteri akan dilakukan pada Senin (27/10), di Istana Kepresidenan.

Reporter: Arnold Sirait
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...