LPS Rate Siap Turun 50 Bps

Image title
Oleh
24 Oktober 2014, 10:36
LPS
Arief Kamaludin|KATADATA
Lembaga Penjamin Simpanan

KATADATA ?  Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengungkapkan memiliki ruang untuk menurunkan suku bunga penjaminan (LPS Rate) sebesar 25 basis poin (bps) hingga 50 (bps). Penurunan itu merupakan langkah lanjutan terhadap penurunan tingkat suku bunga di pasar.

Kepala Eksekutif LPS Kartika Wirjoatmodjo menuturkan suku bunga LPS bergerak mengikuti pasar karena LPS Rate merupakan akumulasi dari rata-rata suku bunga saat ini.
"Jadi kalau market sudah bergerak turun, harusnya kami juga bisa turunkan suku bunga LPS. Ya mungkin 25 bps atau 50 bps," ujarnya seperti yang dikutip Bisnis Indonesia (24/10).

Adapun suku bunga LPS yang berlaku saat ini ialah pada level 7,75 peresn untuk simpanan dalam bentuk rupiah di bank umum dan 10,25 persen untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Suku bunga itu berlaku sejak 15 September kemarin hingga 14 Januari 2015 mendatang. Suku bunga LPS itu lebih tinggi dari pada BI Rate yang bertengger pada level 7,5 persen.

Kartika mengatakan hasil pantauan LPS terhadap suku bunga perbankan per Agustus belum mengalami penurunan, sementara pada September suku bunga nampak bergerak stagnan. LPS terus memantau pergerakan suku bunga yang diproyeksikan bergerak menurun.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...