Masih Pelajari Rekomendasi KPK, Jokowi Tunda Umumkan Kabinet

Image title
Oleh
25 Oktober 2014, 00:41
Joko Widodo KATADATA | CC Harjono
Joko Widodo KATADATA | CC Harjono
Presiden Jokowi saat menghadiri acara Syukuran Rakyat yang diselenggarakan relawan pendukungnya di Monumen Nasional, Senin (20/10).

KATADATA ? Presiden Joko Widodo kembali menunda pengumuman nama-nama menteri dalam kabinet periode 2014-2019.

Penundaan disebabkan Jokowi, panggilan akrab mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, masih mempelajari hasil analisis Komisi Pemberantasan Korupsi terhadap nama-nama calon menteri.

Saat ini, presiden masih melakukan finalisasi atas rekomendasi komisi anti rasuah tersebut.

?Nama menteri akan diumumkan hari Minggu,? kata Andi Widjajanto, mantan Deputi Tim Transisi, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/10) malam.

Pada Minggu (26/10) nanti, selain mengumumkan nama menteri, presiden juga akan memperkenalkan masing-masing menteri. Ini, kata Andi, dilakukan  agar para menteri lebih mengenal satu sama lain.

?Akan ada perkenalan kabinet yang diselenggarakan Minggu sore pukul 16.00 di halaman istana, Istana Negara dan Istana Merdeka. Acaranya minum teh sore, saling perkenalkan diri,? ucapnya.

Sementara sebelum acara perkenalan dan pengumumuman tersebut, Jokowi juga diagendakan akan bertemu pimipinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Sabtu (25/10). Pertemuan ini membahas nomenklatur kementerian yang telah diajukan pemerintah.

Adapun, pelantikan menteri akan dilakukan pada Senin (27/10) pukul 10.00 WIB. Pelantikan tersebut akan dilakukan di Istana Kepresidenan.

Andi sebelumnya mengatakan, presiden sudah siap mengumumkan daftar nama menteri. Jika tidak ada revisi, maka pengumuman akan dilakukan Jumat (24/10) malam. 

Reporter: Arnold Sirait
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...