Desember, Rini Soemarno Tunjuk Dirut Pertamina yang Baru

Image title
Oleh
31 Oktober 2014, 13:56
Rini Sumarno KATADATA|Arief Kamaludin
Rini Sumarno KATADATA|Arief Kamaludin
Menteri BUMN Rini Soemarno tengah menggodok calon pengganti Direktur Utama PT Pertamina dan akan dipilih pada Desember 2014.

KATADATA ? Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno tengah menggodok calon pengganti Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan yang mengundurkan diri 1 Oktober lalu. Pengganti Karen itu akan dipilih pada Desember 2014.

Rini mengatakan proses seleksi pemimpin Pertamina ini sangat ketat, dari internal Pertamina, BUMN, dan juga eksternal. "Jadi kami ada pilihan putra putri terbaik untuk Pertamina," ujarnya di kantornya, Jakarta, Jumat (31/10).

Dia meminta waktu satu bulan dalam melakukan proses seleksi memilih Dirut Pertamina. "Mohon waktu kami mendapat waktu satu bulan sampai akhir November," ujarnya.

Sebelumnya, Rini sudah memberikan surat ke Dewan Komisaris Pertamina untuk memperpanjang masa jabatan pelaksana tugas sementara (Plt) Dirut Muhamad Husen. Menurut dia dalam proses seleksi ini perlu kehati-hatian karena perusahaan ini merupakan BUMN strategis.

Husen telah menjabat sebagai Plt Dirut Pertamina sejak 1 Oktober 2014. Jika meninjau dari peraturan, masa jabatan Husein semestinya berakhir pada 1 November 2014. Jabatan komisaris yang ditinggal oleh Bambang Brodjonegoro, juga belum ditentukan penggantinya.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...