Inilah Strategi Menteri ESDM Tingkatkan Ketahanan Energi

Safrezi Fitra
19 November 2014, 20:10
pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA ? Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku memiliki tiga strategi untuk meningkatkan ketahanan energi nasional. Tiga strategi ini diantaranya pembangunan tangki timbun dan peningkatan kapasitas kilang minyak.

Menurut Sudirman, pembangunan tangki timbun bahan bakar minyak (BBM) merupakan kebutuhan mendesak dan harus dilakukan secepatnya. Karena stok BBM Indonesia sudah cukup mengkhawatirkan, yakni hanya 18 hari.

Advertisement

"Kami (akan) tingkatkan dari 18 hari jadi 30 hari," katanya di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (19/11).

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki stok BBM paling rendah. Negara Asia, seperti Jepang, memiliki cadangan BBM selama 164 hari. Demikian pula Korea Selatan yang memiliki cadangan BBM sebanyak 174 hari.

Sementara di negara ASEAN, Vietnam memiliki 67 hari stok BBM, Thailand sebanyak 36 hari, Singapura memiliki stok 90 hari, Filipina stok selama 22 hari. Kemudian Myanmar selama 91 hari, Laos selama 45 hari, dan Kamboja memiliki stok BBM 30 hari.

Strategi kedua adalah dengan menyewa tangki timbun milik swasta. Sewa tangki ini dilakukan sambil menunggu pembangunan tangki selesai.

Strategi ketiga adalah dengan melakukan moderniasai kilang-kilang yang sudah ada. Kilang-kilang tersebut harus dimaksimalkan."Supaya jangan kami pembeli besar tapi dimainkan pasar," ujarnya.

Saat ini PT Pertamina sedang melakukan upgrading dan moderenisasi lima kilangnya. Nilai investasinya mencapai US$ 17 miliar, untuk meningkatkan kapasitas kilang dari 800.000 barel per hari menjadi 1,8 juta barel per hari.

Sementara itu, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan akan terus berusaha meningkatkan lifting minyak. Dalam jangka pendek dia akan memeriksa beberapa upaya yang selama ini tertunda. Untuk jangka menengah dan panjang, dia berharap kerjasama dari seluruh pihak untuk mempermudah dan mempercepat proses perizinan di industri migas. 

Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement