Harga Avtur Turun, Industri Penerbangan Masih Tertekan

Image title
Oleh
21 November 2014, 10:25
Penerbangan KATADATA | Donang Wahyu
Penerbangan KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Penurunan harga bahan bakar pesawat, avtur, di pasar internasional ditanggapi dingin oleh industri penerbangan dalam negeri. Penurunan harga ini ternyata tidak berpengaruh banyak terhadap kinerja operator penerbangan nasional, mengingat pasokan avtur ini masih harus impor.

Ketua Indonesia National Air Carriers (Inaca) Arif Wibowo mengatakan saat ini harga avtur di pasar internasional berkisar US$ 87 sen-US$ 90 sen per liter. Harga ini lebih rendah dibandingkan beberapa bulan sebelumnya sebesar US$ 95 sen.

Advertisement

?Meskipun harga Avtur turun, ini tidak berpengaruh kepada maskapai nasional karena Indonesia adalah net importer, sehingga harga avtur yang dijual di dalam negeri bergantung pada nilai tukar dolar AS,? ujarnya, seperti dikutip harian Bisnis Indonesia, Jumat (21/11).

Direktur Umum Lion Group Edward Sirait mengatakan penurunan harga avtur juga tergantung pada kebijakan PT Pertamina (Persero), yang menentukan besaran harga.

Sistem penetapan harga minyak oleh Pertamina dilakukan setiap dua minggu hingga satu bulan, sehingga perusahaan penerbangan kesulitan menentukan biaya operasional. Sementara di negara lain, penentuan harga ditetapkan setiap hari.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement