Ketergantungan Anggaran Terhadap Harga Minyak Berkurang

Safrezi Fitra
24 November 2014, 17:15
BBM KATADATA | Arief Kamaludin
BBM KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pemerintah berencana menerapkan sistem subsidi tetap terhadap bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tahun depan. Langkah tersebut dilakukan untuk mengendalikan anggaran subsidi yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Ekonom Universitas Indonesia Anton Gunawan mengatakan penerapan mekanisme subsidi tetap, akan mengurangi ketergantungan anggaran terhadap harga minyak dunia. Selama ini subsidi BBM rentan mengalami perubahan akibat fluktuasi harga minyak yang tidak pasti. Makanya, seperti yang diatur dalam Undang-Undang APBN, penyesuaian anggaran subsidi energi mengacu pada harga harga minyak dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Dengan subsidi tetap, pemerintah dapat mengurangi kekhawatiran anggaran subsidi akan membengkak akibat naiknya harga minyak dan melemahnya nilai tukar. ?Tinggal bagaimana pemerintah bisa siapkan payung hukumnya agar jangan sampai bermasalah nantinya,? ujarnya kepada Katadata, Senin (24/11).

Anton juga meyakini pemerintah bisa mengendalikan laju inflasi, jika subsidi tetap diberlakukan. Dalam hal dampaknya terhadap inflasi ini, dia mengacu pada sistem harga BBM nonsubsidi yang mengikuti harga minyak dunia.

Deputi Gubernur Senior Mirsa Adityaswara mengungkapkan penerapan subsidi tetap justru akan mempermudah pengendalian inflasi. Salah satu upaya yang paling mungkin dan berpengaruh besar terhadap kesehatan ekonomi nasional adalah perubahan sistem subsidi.

"Karena undang-undang mengharuskan subsidi tidak bisa dihapus, subsidi tetap itu baik sekali," ujarnya kepada Katadata.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro sebelumnya pihaknya sedang mengkaji penerapan sistem subsidi tetap. Dia belum bisa memberikan keterangan terkait kisaran subsidi tetap dan gambaran rinci tentang sistem baru itu. "Kami sedang kaji. Nanti dilihat (apakah bisa diterapkan)," ujarnya.

Reporter: Petrus Lelyemin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...