Karpet Merah Sudah Tersedia untuk Jokowi Menaikkan Harga BBM

Aria W. Yudhistira
26 November 2014, 20:02
Katadata
KATADATA | Arief Kamaludin
Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri berbincang dengan mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Pangestu pada acara DBS Asian Insight Seminar 2014 di Jakarta, Selasa (25/11).

KATADATA ? Mantan Menteri Keuangan M. Chatib Basri mengatakan, pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono sudah menggelar karpet merah bagi Joko Widodo untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Menurut ekonom Universitas Indonesia itu, semua kebutuhan teknis untuk menjalankan kebijakan itu sudah disiapkan. Bahkan dia mengibaratkan menaikkan harga BBM lebih mudah daripada main video game.

?Saya selalu katakan lebih mudah menaikkan harga BBM daripada main play station,? ujar Chatib. 

Misalnya, pemerintah tidak perlu minta izin parlemen untuk menaikkan harga BBM. Hal ini, kata dia, sudah masuk dalam pembahasan APBN-P 2014.

Pernyataan Chatib Basri ini disampaikan saat ia menjadi pembicara dalam acara ?DBS Asian Insights Seminar? di Jakarta, Selasa (25/11). Acara yang diselenggarakan DBS Bank ini didukung oleh Katadata.  

Chatib menceritakan, saat pembahasan di parlemen, pemerintah dan DPR menyepakati izin parlemen hanya dibutuhkan apabila terjadi kelebihan kuota BBM. Adapun jika disebabkan pelemahan nilai tukar serta kenaikan harga minyak mentah dunia pemerintah tidak memerlukan izin DPR.

Bantalan lain yang juga telah disiapkan adalah alokasi dana kompensasi masing-masing sebesar Rp 5 triliun dalam APBN-P 2014 dan APBN 2015. ?Jadi pemerintahan Pak Jokowi ini sangat fleksibel,? ujarnya.

Halaman:
Reporter: Petrus Lelyemin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...