Wakil Menteri Keuangan Merangkap Jadi Dirjen Pajak Sementara

Safrezi Fitra
26 November 2014, 11:12
Kementerian Keuangan
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA ? Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menunjuk Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pajak. Mardiasmo akan menjabat sebagai Plt Dirjen Pajak sampai pejabat definitif terpilih.

"Iya sementara, sampai definitif terpilih. Akan disiapkan Surat Keputusannya," kata Bambang di Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (26/11).

Mardiasmo pun mengakui dirinya ditunjuk untuk mengisi kekosongan jabatan Dirjen Pajak sementara oleh Menteri Keuangan (Menkeu). Dia akan menggantikan Fuad Rahmany yang masa tugasnya akan berakhir 1 Desember 2014. Fuad melepaskan jabatan tersebut karena memasuki masa pensiun, setelah pada 11 November 2014 genap berusia 60 tahun.

?Menurut Bapak Menkeu, saya akan menjabat Plt Dirjen Pajak, setelah Pak Fuad Rahmany pensiun. Jadi mulai 1 Desember 2014,? ujarnya ketika dikonfirmasi Katadata.

Untuk memilih Dirjen Pajak yang baru ini, kementerian sedang melakukan proses lelang jabatan. Lelang jabatan ini dilakukan tim panitia seleksi yang dikepalai oleh Mardiasmo. Tim ini diperkuat oleh beberapa anggota, diantaranya mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Taufiequrachman Ruki, mantan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, serta dua mantan Menteri Keuangan Bambang Sudibyo dan Chatib Basri.

Selain jabatan Dirjen pajak, sejumlah jabatan eselon I di bawah Kementrian Keuangan juga diseleksi lewat mekanisme lelang jabatan. Jabatan yang akan dilelang ini adalah, Direktur Ditjen Pajak, Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi, serta staf Ahli Bidang Penerimaan Negara.

Saat ini kementerian membuka pendaftaran elektronik untuk mengisi jabatan Eselon I. Dari hasil pedaftaran tercatat ada 34 orang kandidat untuk posisi Dirjen Pajak, 5 kandidat untuk jabatan Kepala BKF, 13 kandidat untuk Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara dan 19 kandidat untuk Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi. Sedangkan untuk posisi Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) hingga saat ini telah terdaftar 14 kandidat. Pendaftaran untuk jabatan ini masih diperpanjang hingga 26 November 2014.

Panitia seleksi akan segera mengumumkan kandidat yang lolos seleksi administratif pada 26 November 2014. Selanjutnya, seluruh kandidat akan memasuki tahapan kedua, yakni penulisan makalah. Hasil tahapan penulisan makalah akan diumumkan pada 1 Desember 2014. 

Setelah itu nama-nama yang lolos akan memasuki tahapan ketiga yakni uji kelayakan, rekam jejak, assesment center dan wawancara hingga 18 Desember 2014. Kementerian menargetkan Dirjen Pajak yang baru akan terpilih pada akhir tahun ini.

Reporter: Petrus Lelyemin, Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...