Calon Dirut Pertamina, Dwi Soetjipto atau Handry Satriago?

Safrezi Fitra
28 November 2014, 14:00
Katadata
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno rencananya akan mengumumkan nama Direktur Utama PT Pertamina (Persero) sore ini.

Kabarnya dari banyak nama yang akan memimpin perusahaan minyak negara ini, telah mengerucut menjadi dua nama. Dua nama tersebut adalah Direktur Utama PT Semen Indonesia Dwi Soetjipto dan CEO GE Indonesia Handry Santriago.

Sebelumnya beberapa nama sempat beredar untuk menggantikan posisi Karen Agustiawan yang mengundurkan diri Oktober lalu. Beberapa nama tersebut adalah mantan Dirut PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Rinaldi Firmansyah dan Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Budi Gunadi Sadikin.

Awalnya Kementerian BUMN akan mengumumkan pengganti Karen Agustiawan itu pada pagi hari pukul 09.30 WIB. Namun pengumuman itu ditunda menjadi pukul 15.00 WIB.

Karen Agustiawan mundur dari Dirut Pertamina per 1 Oktober 2014. Tugasnya lalu digantikan sementara oleh Muhamad Husen, yang dulu menjabat sebagai Direktur Hulu Pertamina.

Menurut aturan, masa jabatan Husen seharusnya berakhir pada 1 November 2014. Namun Menteri BUMN Rini Soemarno meminta perpanjangan hingga awal Desember untuk memilih Dirut baru BUMN Migas terbesar di Indonesia itu.

Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...