Pembenahan Perizinan Fokus Utama Kepala BKPM Franky Sibarani

Nur Farida Ahniar
28 November 2014, 12:24
Katadata
setkab.go.id
Kepala BKPM Franky Sibarani, kedua dari kanan

KATADATA ?  Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang baru dilantik, Franky Sibarani mengatakan pembenahan perizinan akan menjadi program utama. Terlebih Presiden Joko Widodo meminta penyederhanaan perizinan menjadi satu pintu.

"Perizinan itu pekerjaan rumah besar, perlu dibenahi dan perlu kesungguhan," ujar Franky di Kantor BKPM, Jakarta, Kamis (27/11).

Franky meminta seluruh pihak baik pemerintah pusat dan daerah, masyarakat dan pengusaha bersama-sama membangun iklim investasi yang baik. Franky yang sebelumnya menjadi Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ini akan mengatakan BKPM akan berusaha membuat iklim investasi yang cepat, sederhana, transparan dan terintegrasi.

Mantan Kepala BKPM yang digantikan Franky, Mahendra Siregar menganggap tugas Franky sangat berat. Mengingat BKPM dijadikan tempat pertama oleh Presiden Jokowi yang dikunjungi secara mendadak.

Mahendra menilai Franky orang yang tepat menduduki jabatan Kepala BKPM. Selain usianya yang muda, Franky juga memiliki segudang pengalaman di dunia usaha. "Kengototan Franky ke hal detil dan rumit ditekuni dengan baik," ujarnya.

Ketua Umum APINDO Sofjan Wanandi berharap Franky dapat bekerja sama dengan pemerintah untuk membenahi iklim investasi. Masalah yang sering muncul di daerah kata dia berhubungan dengan pertanahan, dan tata ruang daerah. "Banyak macet di Pemda," katanya.

Dia berharap Franky juga dapat memangkas perizinan usaha di sektor manufaktur. Pasalnya izin di sektor itu membutuhkan waktu hingga tiga bulan. 

Mantan Menteri Perindustrian M.S Hidayat mengakui ikut merekomendasikan Franky sebagai Kepala BKPM. Ia melihat Franky tepat menduduki posisi tersebut. Menurut dia Franky sangat paham mengenai industri dan investasi. Franky juga sosok yang kritis sehingga diharapkan dapat memperbaiki beberapa hal di BKPM.
"Saya ikut merekomendasikan. Dia mengarang buku mengenai perindustrian bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian. Right men in the right place," katanya di tempat yang sama. 

Hidayat berharap Franky mampu bernegosiasi dengan investor. Dengan begitu dapat meningkatkan investasi di Indonesia.

Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...