Sejumlah Pejabat Eselon I Kemenkeu Ikut Lelang Jabatan

Nur Farida Ahniar
28 November 2014, 15:20
kementerian keuangan ri
KATADATA

KATADATA ?  Kementerian Keuangan akan mengumumkan hasil seleksi tahap I lelang jabatan untuk beberapa posisi, diantaranya Direktur Jendral Pajak dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF). 

Beberapa pejabat eselon I Kemenkeu muncul seperti Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKF Andin Hadiyanto, Dirjen Pengelolaan Utang Robert Pakpahan. Pejabat eselon II juga ikut mendaftar seperti Direktur Penerimaan dan Peraturan Kepabeanan Cukai Direktorat Jenderal Bea Cukai Susiwijono. 

Dari Ditjen Pajak, tercantum Direktur Peraturan Perpajakan II John Liberty Hutagaol, Direktur Keberatan dan Banding Catur Rini Widosari. Sedangkan dari BKF muncul nama Kepala Pusat Pengelolaan Risiko Fiskal Freddy R Saragih. 

Sebanyak 54 nama lolos dalam seleksi tahap pertama. Hari ini, para kandidat mengikuti seleksi tahap kedua yaitu penyusunan makalah dengan materi sesuai dengan posisi yang diminati.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo yang juga merupakan Ketua Panitia Seleksi sebelumnya mengungkapkan, setiap kandidat akan diminta membuat makalah yang menjelaskan beberapa topik tentang persoalan aktual yang sedang dihadapi Kementerian Keuangan.

Jumlah pedaftaran yang tercatat hingga penutupan pendaftaran yakni 34 orang kandidat untuk posisi Dirjen Pajak, 5 kandidat untuk jabatan Kepala BKF, 13 kandidat untuk Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara dan 19 kandidat untuk Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi.

Mardiasmo juga mengaku dari 34 kandidat Dirjen Pajak terdapat beberapa calon yang didorong Pansel untuk mendaftarkan diri. Upaya tersebut berdasarkan rekomendasi dari Ditjen Pajak dan Menteri Keuangan.

Pertimbangan terhadap para calon yang direkomendasikan untuk mendaftar itu yakni potensi, pengalaman dan performance-nya selama menjalankan tugas. Menurut dia, kebanyakan dari mereka merupakan akademisi dari beberapa perguruan tinggi.

Reporter: Petrus Lelyemin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...